Selasa, 08 Maret 2011

Tipe Dan Karakter Facebooker

Tulisan ini tidak berdasar atas sebuah riset atau penelitian, tapi berdasar dari pemantauan seorang pengamat sosial, tentang karakter facebooker selama ini.  Ada berbagai macam motivasi ketika seorang memiliki akun di facebook, motivasi inilah yang membuat para facebooker menampakkan karakternya dalam menampilkan  akun di facebook. Banyak pula yang berpendapat bahwa jati diri seseorang yang sesungguhnya dapat dilihat dari karakter para pemilik akun.

1.   Tipe pencari kesenangan
Facebooker dengan tipe ini memiliki kecendrungan menggunakan facebook untuk kepuasan batin semata, dapat kita lihat dari facebooker yang senang memainkan game aplikasi online seperti zinga poker, mafia wars dan lain sebagainya. Dapat juga dilihat dari akun facebooker yang menggunakan facebook untuk berfantasi dengan kehidupan seks mereka. Ciri dari tipe ini ditandai dengan jumlah teman yang sedikit, kalau laki-laki memiliki hampir sebagian besar teman perempuan begitupun sebaliknya, rata menampilkan foto, video yang bernuansa seks, menampilkan nama akun facebook dengan nama samaran, cenderung mengikuti grup facebook dengan nuansa kesenangan seperti seks , game dan lainnya, serta aktif di grup tersebut.

2.   Tipe pencari teman/relasi
Karakter ini mendominasi para facebooker, mereka memamfaatkan facebook memang untuk mencari kawan, apakah teman yang baru dikenal, teman lama ataupun teman yang bisa diajak untuk berteman lebih serius, bisa pacar atau sahabat. Ciri ini biasa ditandai dengan nama akun yang asli sesuai dengan nama di KTP ataupun Identitas lain, Jujur dalam Update status apakah dia sedang gembira, sedih atau menceritakan (curhat) tentang perjalanan kesehariannya, menggunakan facebook sebagai diary online, cenderung tidak terlalu aktif mengikuti grup facebook. Tipe ini biasanya menampilkan foto atau video yang sebenarnya.

3.   Tipe Pebisnis online
Tipe ini menjadi trend baru di dunia maya situs jejaring sosial meskipun jumlah masih sedikit. Facebook memang merupakan situs jejaring sosial yang sifatnya terbuka, melakukan segala kegiatan online dapat dilakukan disini salah satunya mempublikasikan atau mempromosikan bisnis yang dilakukan di dunia nyata ataupun di dunia maya. Perlu diingat bahwa facebook juga pemasang iklan yang berbayar , lihat saja pada area sebelah kanan iklan itu dipasang dengan berbayar. Ciri dari tipe ini seperti dominan menampilkan produk-produk bisnis, foto profil dengan logo bisnis, update status dengan produk yang mereka miliki, cenderung mengikuti banyak grup bisnis facebook dan aktif didalamnya.
Sekali lagi tulisan ini hanya pendapat keilmuan, yang saya baca... Selanjutnya terserah anda, senikmat orang yang suka dg secangkir kopi pahit Gula Jawa.

Tidak ada komentar: